Kamis, 28 Juni 2012

Launching Suzuki Nex Super Fuel Injection


KONFERENSI PERS

Dalam rangka mempublikasi atau menginformasikan sebuah kegiatan pada masyarakat luas, suatu lembaga seperti perusahaan, sipastikan membutuhkan bantuan media massa. Untuk itu perusahaan perlu mengadakan “konferensi pers” atau “jumpa pers” dengan mengundang sejumlah wartawan. Kegiatan ini sekaligus berfungsi sebagai ajang meningkatkan citra positif suatu perusahaan.
Umumnya perusahaan yang melakukan kegiatan ini telah memahami praktek kehumasan profesional. Karena itu, umumnya kegiatan ini ditangani oleh Humas perusahaan yang bersangkutan.
Disamping perusahaan, lembaga-lembaga lain seperti organisasi politik, departemen-departemen, lembaga DPR-RI, MPR-RI dan lembaga-lembaga swadaya lainnya bahkan perseorangan pun dapat melakukan konferensi pers. Konferensi pers berarti mengundang wartawan media cetak maupun elektronik guna mempublikasikan atau menginformasikan hal-hal yang dianggap penting pada masyarakat luas. Untuk lebih memungkinkan informasi itu sampai kepada masyarakat maka satu-satunya cara yang paling tepat yaitu mengadakan konferensi pers atau jumpa pers dengan para wartawan.
Konferensi pers perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya, mulai dari pemilihan waktu, tempat dan wartawan yang diundang. Jika tidak terencana dengan matang, bisa jadi jumpa pers tidak sesuai dengan harapan.
Penyelenggaraan jumpa pers sebaiknya dilokasi yang strategis dan terjangkau. Hindari jumpa pers dilokasi yang jauh, karena wartawan umumnya memiliki jadwal acara yang mengharuskan ia berada didekat kota.
Dengan merencanakan konferensi pers sebaik-baiknya, sebuah perusahaan akan terkesan lebih profesional. Selain memperoleh citra positif, perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan dari pemberitaan para wartawan dari berbagai media.
Pemberitaan dari media merupakan salah satu bentuk publisitas dari perusahaan. Publisitas adalah kegiatan publikasi yang menggunakan media massa sebagai sarana penyebarluasan informasi. Publisitas adalah publikasi perusahaan yang dimuat di media massa. Dengan demikian pengertian publikasi lebih luas dan publisitas adalah bagian dari aktivitas publikasi.
Beberapa keuntungan publisitas adalah, mengandung kredibilitas tinggi, publisitas tidak membayar, publisitas memungkinkan cerita lebih detail. Mengandung kredibilitas tinggi diartikan khalayak lebih percaya berita dibandingkan dengan iklan dari perusahaan.
Hubungan Media
Media berfungsi sebagai sarana penyebarluasan informasi tentang perusahaan kepada khalayak. Public relations harus memandang media sebagai mitra kerja yang saling mendukung, media adalah partner kerja public relations. Public relations yang mampu memelihara hubungan baik dengan media, akan lebih mudah dalam memberitakan suatu peristiwa baru yang berkaitan dengan perusahaannya. Seorang PR harus arif dalam menjaga hubungan, bukan hanya menghubungi disaat ada acara saja.
Aristoteles menyatakan bahwa retorika mencakup tiga unsur yang bertujuan untuk mempersuasi, yaitu :
1.      Ethos (Kredibilitas Sumber)
2.      Panthos (Hal yang menyangkut Emosional atau perasaan)
3.      Logos (Hal yang menyangkut fakta)



 















LAUNCHING SUZUKI NEX SUPER FI
DI MEGA BEKASI

Konvensionalnya cara seorang PR dalam menyampaikan berita kepada para pewarta, menjadi salah satu masalah yang harus dicari solusinya. Banyak dari perusahaan yang masih menggunakan konsep formal dalam menyampaikan suatu berita, dalam konsep “jumpa pers”. Namun, konsep ini tidak lagi digunakan oleh Suzuki. Suzuki memperkenalkan produk barunya yaitu Suzuki Nex Super FI dengan konsep lain dari biasanya.
Konsep pengenalan produk baru Suzuki dibuat dengan touring bersama antara pewarta dan owner Suzuki Nex. Touring dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2012 pukul 09.00, dengan jalur Bandung menuju Jakarta dengan rute Pasteur – Cimahi – Padalarang – Ciranjang – Jonggol – Cileungsi – Cibubur - Pasar Rebo - Cawang. Touring ini diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari, 15 orang dari pewarta dan 5 orang dari Suzuki Nex Owner Club.
Konsep launching yang digunakan oleh Suzuki, ternyata menghasilkan banyak keuntungan. Pertama dari segi publikasi, pewarta yang menjadi peserta touring akan lebih mendalam, dalam mengulas kelebihan Suzuki diberitanya, karena pewarta tersebut mengalaminya sendiri. Kedua, menjalin hubungan baik antara media dan pewarta dengan PR. Melalui kegiatan ini, membuat media menjadi lebih dekat dengan perusahaan, sehingga jika dikemudian hari perusahaan akan mengadakan acara, tidak akan sulit meminta bantuan dari pewarta tersebut. Salah satu hal yang perlu diketahui dan dipahami dari seorang PR adalah “Menjaga hubungan, lebih sulit dari pada memulai hubungan”. Ketiga, masyarakat lebih percaya berita daripada iklan yang dibuat oleh perusahaan. Jika berita yang dipublikasikan oleh pewarta positif, maka akan berbanding lurus dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut. Dan secara otomatis, akan mempengaruhi proses pengambilan keputusan masyarakat terhadap pembelian sepeda motor. Keempat, konsep pemberian hadiah kepada peserta touring yang dapat irit menggunakan bahan bakar selama perjalanan akan menghindari salah satu dosa besar PR yaitu “pemberian amplop atau uang”.
BACKGROUND PESERTA
Keikutsertaan wartawan sebagai peserta touring, menjadi salah satu hal yang menarik. Karena sama-sama kita ketahui bahwa wartawan merupakan penyalur aspirasi masyarakat yang tidak akan pro kepada perusahaan. Masyarakat yang mengetahui background peserta touring adalah seorang wartawan. akan lebih percaya kepada data yang dihasilkan setelahnya. Terlebih wartawan tersebut bukan hanya mendapat data dari perusahaan, namun berdasarkan pengalamannya mengendarai sepeda motor tersebut.
COMMUNITY
Kelangsungan dari sebuah kendaraan bermotor tak lepas dari hadirnya komunitas pengguna. Suzuki dengan sangat sadar dan mengerti peran serta masyarakat yang tetap setia menggunakan produknya. Salah satu bentuk keperdulian Suzuki dengan komunitas yang hadir dan tumbuh bersama, maka pada acara touring beberapa pemilik Suzuki Nex diikutsertakan dalam acara. Dalam acara launching para pengguna Suzuki Nex pun diberikan tempat khusus bernama “Community Suzuki Nex Siper Fuel Injection”. Pemberdayaan komunitas merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dari PR perusahaan, karena merekalah duta dari produk perusahaan. Merekalah yang secara tidak langsung mengiklankan, produk perusahaan. Dan kesetiaan mereka akan membuat produk tersebut dapat bertahan lama dipasaran.
BRAND AMBASSADOR
Suzuki Nex Super FI memilih SM*SH sebagai barand ambassador. Hal ini terkait beberapa pertimbangan, boy band tengah menjamur dan SM*SH-lah pelopor  dari lahir kembalinya fenoomena ini. SM*SH kini tengah menjadi idola dari remaja di Indonesia, dan ini mempunyai korelasi dengan target pasar Suzuki Nex.
Suzuki hadir dengan jenis matik, yang kini tengah booming di masyarakat. Target pasar yang dilirik oleh Suzuki adalah remaja yang lincah dan dinamis. Hal inilah yang direalisasikan oleh SM*SH sebagai Brand Ambassador bintang yang tengah bersinar dengan karya-karyanya.










HASIL OBSERVASI

Acara touring dimulai pada tanggal 10 Juni 2012, pukul 09.00 wib. Start awal dari Hotel Aston Primera Bandung – Park Hotel, Cawang, Jakarta Timur dengan rute Pasteur – Cimahi – Padalarang – Ciranjang – Jonggol – Cileungsi – Cibubur - Pasar Rebo – Cawang. Touring dilepas oleh jajaran Direksi PT. SIS diantaranya ada Akira Utsumi selaku Presiden Direktur SIS dan Yamaoka selaku Chief Engineer Suzuki Motor Corporation. Jumlah peserta touring adalah 20 orang yang terbagi menjadi 15 orang wartawan dan 5 orang adalah Suzuki Nex Owner Club.
Motor untuk kegiatan touring, telah diisi dengan bahan bakar sebanyak 2.22 liter atau jika di rupiahkan menjadi Rp10.000. didalam kegiatan touring ini, diselipkan sebuah kompetisi. Motor dengan konsumsi bahan bakar terendah, akan mendapatkan hadiah dari PT. SIS berupa satu buah motor Suzuki Nex Super Fuel Injectios. Menurut Akira Utsumi, konsep ini diterapkan karena “Masyarakat tidak pernah menghitung kalau 1 liter bensin bida menempuh sekian puluh kilometer. Tapi yang dilakukan masyarakat adalah seberapa sering kita mengisi bensin. Misal dengan Nex karburator 10 ribu 4 hari, dengan Nex Injections bisa 4 hari lebih”.
Acara puncak dimulai pukul 19.00 Wib bertempat di Mega Bekasi. Pada acara ini akan menghadirkan SM*SH yang merupakan Brand Ambassador dari produk Suzuki. Acara digelar dilapangan belakang Mega Bekasi, disana terdapat bermacam stand. Diantaranya, Area Suzuki Nez Super FI Exhibition, Suzuki Go Fi Corner Lounge, Test Ride (tempat dimana masyarakat dapat mencoba mengendarai motor Suzuki nex), Community Suzuki Nex Super Fuel Injection, Parking area peserta touring, Spanduk SM*SH (tempat berfoto dengan background SM*SH) dan Stage. Jika di visualisasikan akan menjadi sebagai berikut:





















































Pada malam hari acara terpusat di panggung. Sambil menunggu kehadiran SM*SH, panggung diisi dengan pembagian hadiah (Lucky deep) dan pemenang kompetisi bahan bakar teririt. Pada akhir acara didapatkan Heru Fajar dari Otospeed yang memecahkan rekor teririt, dengan hanya menghabiskan hanya Rp8600 rupiah.
Seorang PR harus dapat menentukan atau mengklasifikasikan media apa saja yang berkaitan dengan perusahaannya. Pada acara launching yang dilakukan Suzuki ini, saya dapat sebutkan bahwa Suzuki sudah tepat dalam pemilihan media. Bukan hanya media nasional, namun media yang mempunyai konsep otomotif juga diundang dalam acara ini. Berikut beberapa nama media yang diundang untuk berpartisipasi dalam acara launching Suzuki Nex Super FI di Mega Bekasi antara lain Jurnal Nasional, Poskota, Kompas, Gaul, Otomotif, Moto Maz, Experience.com, dapurpacu.com, motormodif.com, banjarmax, gilamotor.com, vivanews.com, okezone.com, Seputar Indonesia dan Otospeed.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar